menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Nilai Bitcoin Bak Roller Coaster, Bisa 'Cuan' Rp 200.000/Jam! – read more
6 Hal Ini Bisa Ringankan Luka Hati Setelah Dicampakkan Mantan
Next Posts
Berusaha untuk membuat perasaan kita lebih baik.

17,172 views

Ilustrasi menangis. ©2015 Merdeka.com/imgfave.com

Diputuskan oleh pasangan memang rasanya sakit bukan kepalang. Perasaan sedih, terbuang, tak diinginkan, dan segala jenis emosi negatif lainnya seolah mendadak jadi teman. Semua orang pernah mengalaminya.

Memang tak ada obat manjur atau tips ampuh yang bisa mengatasi sakitnya patah hati karena dicampakkan dalam semalam. Tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuatnya sedikit lebih mudah dilalui.

Bicarakan dengan orang lain

Menurut kounselor dari McGill University, Kanada, salah satu hal yang dapat membuat kita bertahan dari perpisahan adalah mendiskusikan apa yang kita rasakan secara terbuka. Dengan sahabat, anggota keluarga, psikolog, atau bahkan orang yang baru kamu temui pun tak apa-apa.

Dikelilingi oleh orang-orang terdekat

Pada saat seperti ini, orang-orang terdekat yang menyayangi dan kita sayangi akan menjadi support system. Merekalah yang kasih sayangnya sudah teruji waktu. Begitu juga rasa cinta yang kita tunjukkan kepada mereka selama ini. Dikelilingi mereka semua akan mengingatkan bahwa kita mampu mencintai dan layak dicintai.

Lakukan sesuatu yang dramatis

Lakukan apapun yang mungkin bisa membuat perasaan kita lebih baik. Misalnya saja melakukan sesuatu yang dramatis. Entah itu memotong rambut atau mencoba hal baru yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Aturannya cuma satu, tetap jauhi hal-hal negatif.

'Simpan di kotak' segala memori tentangnya

Jauhkan hal-hal yang bisa mengingatkan kita kepadanya, setidaknya sampai kita sudah siap untuk menghadapinya. Kita memahami sepenuhnya kalau kisah indah itu sudah berakhir dan mengakui kalau kita masih memikirkannya, tetapi tidak perlu pengingat konstan akan hal tersebut.

Kontak Whatsapp, LINE,  Facebook, Twitter, Instagram? Hapus sekarang juga. Tidak masalah jika suatu saat ada niatan untuk menjaga tali silaturahmi. Tetapi untuk saat ini, lebih baik kontak dan media sosial mereka tidak terlihat di depan mata.

Beri waktu untuk bersedih

Menangis dan membiarkan diri tenggelam dalam kesedihan untuk sementara waktu bukanlah hal yang buruk. Ini adalah bagian dari proses mengenali perasaan dan menghadapinya dengan berani. Dengan cara ini kita bisa membuat rasa sakitnya pergi lebih cepat daripada jika kita menyangkalnya. Tetapi ... ada batas untuk menuruti perasaan seperti itu. Pada satu titik, kita harus bangun dan bergerak sebelum kehidupan berlalu meninggalkan kita di dalam jurang keterpurukan.

Ciptakan pengalih perhatian

Inilah saatnya untuk menekuni hobi atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Atau malah fokus belajar hal baru. Atau hanya berdiam di tengah keramaian di mana kita dapat mengalihkan perhatian dari suara batin yang bersikeras untuk tenggelam dalam kesedihan. Distraksi itu penting, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa terus-menerus berkubang dalam kesedihan sebenarnya bisa memperpanjang periode patah hati itu sendiri. [tsr]



Sumber: merdeka.com

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait