menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Kota New York Beri Izin Mata Uang Virtual ke Perusahaan Bitpay – read more
Kenali Perbedaan Penyakit Kritis Tumor Dan Kanker
Next Posts
Yuk pahami perbedaan tumor dan kanker!

109,161 views

futuready.com - Tumor dan kanker adalah dua penyakit di mana pasien mengalami benjolan pada bagian tubuh tertentu, yang bisa bersifat ganas sampai mematikan. Pada kasus kanker sel tubuh membelah secara tidak terkendali, karena sel ini ternyata mampu menyusup ke jaringan tubuh lain, kemudian menghancurkan sel-sel normal. Dari hal tersebut kanker menjadi penyakit yang mematikan.

Namun, dari dua penyakit kritis tersebut yang seringkali membuat banyak orang keliru, tahukah Anda perbedaan di antara keduanya?

Sel Tubuh Normal dan Abnormal

Jutaan sel berukuran kecil mikroskopis ternyata banyak berada di tubuh manusia. Di setiap organ tubuh yang berbeda akan dibangun dari sel-sel yang berbeda juga. Masing-masing sel memiliki inti dan di dalam inti tersebut terdapat ribuan gen yang disusun dari rantai DNA. Inilah yang bisa mengatur fungsi sel, tentunya dengan tugas yang berbeda-beda.

Seperti ada gen yang berfungsi mengatur waktu untuk membelah dan berkembang biak, mengatur jadwal memproduksi hormon, membuat protein dan berfungsi untuk menggandakan diri. Proses perubahan gen di dalam sel itu merupakan salah satu pemicu kemunculan sel-sel kanker.

Pertumbuhan Sel Normal

Setiap saat sel-sel tubuh bergerak tiap saat, dengan membelah dan berkembang biak secara teratur, terus-menerus bahkan beberapa sel bisa dengan cepat melakukannya. Sel-sel baru akan menggantikan sel-sel lama yang telah rusak atau mati. Karena tubuh akan mengerti kebutuhan selnya sendiri. Ini yang membuat istimewa dan membuat tubuh hanya memproduksi sel sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Pertumbuhan Sel Tidak Normal

Namun pada suatu kondisi tertentu, ada sel yang terus tumbuh tanpa terkendali. Sel ini membelah menjadi berlipat ganda secara terus menerus dalam waktu singkat. Inilah yang disebut dengan sel tidak normal karena tumbuh terus di saat tubuh sudah tidak memerlukannya. Karena sel-sel tersebut terus tumbuh makin banyak, hal ini yang membentuk pembengkakan atau benjolan, ini yang disebut sel tidak normal. Sel-sel yang tumbuh secara liar dan tidak terkendali inilah yang disebut dengan tumor.

Tumor Belum Tentu Kanker, Tapi Hampir Semua Kanker Adalah Tumor

Cara signifikan untuk mengetahui perbedaan tumor dan kanker bisa dilihat dari sifat sel-selnya. Umumnya tumor jinak bisa dideteksi kemunculannya berupa bitnik-bintik di permukaan kulit yang menyerupai tahi lalat. Sel-sel pada tumor jinak ini tidak berkembang dalam jangkan panjang, karena akan berhenti tumbuh dengan sendirinya. Tumor ini juga tidak akan menyebar ke tubuh bagian lain untuk menciptakan tumor baru. Inilah yang disebut tumor jinak, namun bila ingin memastikan dengan akurat maka  perlu diperiksa lebih lanjut di rumah sakit.

Sebaliknya tumor ganas yang disebut kanker adalah sel-sel kanker yang sifatnya ganas dan merusak. Artinya sel-sel kanker bisa tumbuh terus-menerus,merusak sel yang sehat, menyebar dan membentuk tumor ganas baru di bagian-bagian tubuh sekitarnya. Jadi bisa dibilang kanker adalah tumor, tapi tumor belum tentu bersifat kanker. Kanker bisa didefinisikan dalam dunia medis adalah suatu penyakit yang dapat menyerang hampir semua bagian tubuh yang bisa mengancam jiwa.

Sumber: futuready.com

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait