menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Kota New York Beri Izin Mata Uang Virtual ke Perusahaan Bitpay – read more
Inilah Tembok-Tembok Bersejarah Di Dunia
Next Posts
Tembok-tembok itu dibuat lebih dari ribuan tahun yang mengungkap potongan sejarah umat manusia.

18,036 views

Ilustrasi

Dinding atau Tembok dibangun di masa masa awal peradaban manusia sebagai sarana perlindungan dari serangan alam, hewan berbahaya serta musuh maupun untuk menandai sebuah perbatasan. Tembok-tembok peninggalan sejarah banyak ditemukan di berbagai negara. Bahkan di antara tembok-tembok itu dibuat lebih dari ribuan tahun yang mengungkap potongan sejarah umat manusia.

Berikut 10 tembok bersejarah di berbagai negara

TEMBOK HEBAT (Zimbabwe)

Tembok hebat Zimbabwe (The Great Zimbabwe) adalah sebuah kota di Zimbabwe yang sekarang terletak pada reruntuhan batu tersebar di sebagian besar dari Zimbabwe modern. Sebagai ibuk kota Kerajaan Zimbabwe selama Late Zaman Besi negara, reruntuhan dikelilingi oleh dinding Great Zimbabwe setinggi 36 kaki dan mencakup sekitar 820 meter. Ini adalah struktur terbesar di selatan Gurun Sahara dan merupakan salah satu dinding paling terkenal di dunia.

TEMBOK BARAT (Yerusalem)

Tembok yang dikenal juga dengan nama Tembok Ratapan ini memiliki berbagai sejarah unik. Tembok dengan lama lain al-Buraq ini konon adalah tempat dimana Nabi Muhammad SAW mengikat kuda bersayapnya. Sementara umat Yahudi menganggap bahwa tembok ini adalah tembok untuk meratapi kehancuran Sinagog Yahudi.

TEMBOK BESAR (China)

Pembangunan tembok ini dimulai pada 221 SM dan terus berkembang sampai abad 17. Tembok ini memiliki panjang 4.000 mil. Tembok Besar China dibangun untuk melindungi perbatasan utara Kekaisaran China dari serangan suku-suku nomaden dari utara. Mayoritas dinding dibangun pada masa Dinasti Ming (1368-1644 M).

TEMBOK BERLIN (Jerman)

Tembok ini berdiri kokoh di Kota Berlin selama 28 tahun, sebagai pengingat akan kejadian mengerikan selama Perang Dingin. Tembok ini berdiri mulai tahun 1961 sampai dengan 1989 yang berakhir dengan dihancurkannya tembok ini sebagai tindakan nyata dari berakhirnya Perang Dingin.

SACSAYHUAMAN (Peru)

Sacsayhuaman terletak di pinggiran utara Cusco Peru yang pernah menjadi ibu kota Kekaisaran Inca. Sacsayhuaman yang saat ini telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO adalah kompleks berdinding yang dipoles batu besar. Cusco ditata dalam bentuk puma, dan bukit-bukit Sacsayhuaman melambangkan kepala, serta dinding zig-zag mewakili gigi.

TEMBOK STON (Kroasia)

Dinding Stok (The Walls of Ston) merupakan serangkaian dinding di semenanjung Peljesac, Kroasia selatan. Dinding sepanjang 3,5 mil ini menghubungkan dua kota dari Ston dan Mali Ston serta dibangun pada titik sempit semenanjung sebelum bergabung dengan daratan sebagai garis pertahanan kedua untuk Kota Dubrovnik. Dinding yang dibangun abad ke-15 ini adalah dinding terpanjang kedua di Eropa.

TEMBOK TROY (Turki)

Dinding Troy (The Walls of Troy) terletak di barat laut Turki dan dibangun pada abad ke-13 SM. Ini adalah salah satu dinding tertua yang masih berdiri hingga saat ini. Situs arkeologi dari Troy, yang sekarang berisi beberapa lapisan reruntuhan, adalah tempat sejarah penting sebagai situs dari Perang Troya.

TEMBOK BABYLON (Irak)

Tembok Babylon (Walls of Babylon) atau juga disebut tembok Babel merupakan peninggalan Kota Mesopotamia kuno pada 575 SM. Dinding yang pernah termasuk Gerbang Ishtar kuno ini adalah salah satu Keajaiban Dunia. Baik gerbang dan dindingnya dibangun dari ubin mengkilap biru dengan barik-baling bawal relief relief dan aurochs.

TEMBOK MEMORIAL VETERAN VIETNAM (Amerika Serikat)

Tembok Babylon (Walls of Babylon) atau juga disebut tembok Babel merupakan peninggalan Kota Mesopotamia kuno pada 575 SM. Dinding yang pernah termasuk Gerbang Ishtar kuno ini adalah salah satu Keajaiban Dunia. Baik gerbang dan dindingnya dibangun dari ubin mengkilap biru dengan barik-baling bawal relief relief dan aurochs.

TEMBOK HADRIAN (Inggris)

Tembok ini dibangun di abad ke dua kaisar Romawi pada saat itu, Hadrian. Tembok yang dibangun membentang dari Laut Utara sampai ke Laut Irlandia ini memiliki panjang hingga mencapai 84 mil. Kini tembok raksasa yang sudah diakui sebagai warisan dunia UNESCO ini menjadi magnet bagi wisatawan ke Sumber: touropia.com Inggris.

Di berbagai penjuru dunia masih terdapat tembok-tembok yang memisahkan kebangsaan, keyakinan agama atau politik. Salah satu tembok pemisah terkenal adalah Tembok Berlin di era Perang Dingin. Selain tembok Berlin ternyata di sejumlah negara juga terdapat banyak pemisah baik berupa tembok maupun pagar yang menuai kontroversi, berikut di antaranya.

Tembok perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara

Tembok yang berdiri di Panmunjom ini tingginya hanya beberapa sentimeter, namun hampir mustahil untuk dilewati. Tembok ini menandai perbatasaan antara kedua negara Korea yakni Korea Selatan dan Korea Utara. Zona perbatasan sepanjang sekitar 250 km tidak hanya membagi dua sistem pemerintahan tetapi juga memisahkan banyak keluarga.

Tembok perbatasan Turki-Suriah

Di perbatasan Suriah, Turki ingin membangun tembok perbatasan sepanjang 511 kilometer. Akhir Februari 2017, setengah bagian tembok perbatasan sudah selesai. Tembok setinggi tiga meter yang menuai kritik Jerman dan negara-negara Uni Eropa ini dilengkapi kawat berduri.

Tembok perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko

Walau AS menyebut dirinya sebagai “Tanah Bebas”, namun perbatasannya ke Meksiko tetap dijaga dengan ketat. Tembok yang dikenal dengan Tortilla Wall ini dibangun untuk menghentikan imigran ilegal dan mencegah perdagangan narkoba. Setiap tahunnya, sekitar 500 orang tewas saat mencoba melintasi perbatasan.

Tembok perbatasan Uni Eropa dan Afrika

Pagar yang menandai perbatasan antara Uni Eropa dan Afrika berdiri setinggi 6 meter. Pagar, yang memisahkan Ceuta di Spanyol dan Melilla di Maroko, juga merupakan pemisah dua standar hidup berbeda. Namun pagar pembatas ini tidak menggoyahkan niat warga Afrika untuk mempertaruhkan nyawa mencari penghidupan yang lebih baik di Eropa.

Tembok pemisah warga Yunani-Turki di Siprus

Tembok di ibu kota Nicosia membuat bangsa Siprus sebagai bangsa Eropa terakhir yang terbagi. Sejak 1974, tembok ini memisahkan antara warga Yunani di selatan dan warga Turki di utara. Sejak 2003, warga di kedua belahan pulau ini bisa saling mengunjungi.

Tembok perbatasan Israel-Tepi Barat

Sejak 10 tahun terakhir, Israel telah membangun tembok sepanjang 700 kilometer dan setinggi 8 meter untuk menandai perbatasan dengan Tepi Barat. Bagi Israel tembok ini merupakan pelindung dari serangan. Masyarakat internasional mengecam tembok ini sebagai rintangan lain bagi tercapainya perdamaian di Timur Tengah.

Batas pemisah India-Pakistan di Kashmir

Batas pemisah juga dibangun di wilayah Kashmir sejak 1979 silam. Kashmir merupakan wilayah perbatasan India-Pakistan yang rawan dan dalam pengawasan militer. Di wilayah ini dibangun kawat berduri setinggi tiga meter yang dilengkapi ranjau di berbagai tempat. Selain itu, dibuat “Line of Control”sepanjang 700 kilometer yang juga dialiri listrik.

"TEMBOK BESAR CHINA" DI SUMATERA BARAT

China boleh bangga karena memiliki tembok besar (Great Wall) yang sangat tersohor itu. Namun jangan dikira Indonesia tidak memiliki bangunan tembok fenomenal. Adalah Jajang Koto Gadang di Bukittinggi, Sumatera Barat yang disebut-sebut sebagai “Great Wall”-nya Indonesia. Seperti apa bentuknya, berikut fakta-faktanya.

• Jajang Koto Gadang (Great Wall of Koto Gadang) memiliki panjang sekitar 1 km, lebar hampir 2 m dan tinggi dinding 1,5 m.

• Koto Gadang menghubungkan Kota Bukittinggi di sekitaran Goa Jepang pintu 3 dengan Koto Gadang Kabupaten Agam.

• Jajang Koto Gadang memiliki dua pintu masuk yakni Nagari Koto Gadang, Kecamatan VI, Kabupaten Agam dan pintu kedua dari Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi yang dekat lobang Jepang dan janjang seribu.

• Dari objek wisata Jam Gadang, Jajang Koto Gandang bisa ditempuh sekitar 15 menit dan jika dari Kota Padang sejauh 97 km atau 2,5 jam.

• Janjang atau dalam bahasa Indonesianya adalah tangga ini sudah lama ada kira-kira sejak era 1900-an.

• Untuk sampai puncak atau titik pintu keluar, harus menaiki dan menuruni 315 anak tangga.

• Setelah direnovasi sejak 2011, janjang ini direkonstruksi sedemikan rupa sehingga memiliki bentuk menyerupai tembok besar China.

• 'Great Wall of Koto Gadang' menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bukittinggi dan Kabupaten Agam. (KORAN SINDO)

Sumber: http://bit.ly/2FkU3YQ

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait