menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Nilai Bitcoin Bak Roller Coaster, Bisa 'Cuan' Rp 200.000/Jam! – read more
Mau Mudik Lebaran? Lakukan Ini Sebelum Meninggalkan Rumah
Next Posts
Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah agar mudik Lebaran Anda nyaman

18,549 views

Ilustrasi persiapan mudik Lebaran. (Sumber: Shuttertsock)

Suara.com - Tradisi mudik Lebaran memang sangat akrab di masyarakat Indonesia. Biasanya, selain berkumpul dengan keluarga, saudara dan kerabat di kampung halaman, mudik Lebaran juga dimanfaatkan masyarakat pergi ke tempat wisata untuk berlibur.

Nah, sebelum bersenang-senang di kampung halaman dan meninggalkan rumah, tentu Anda harus memperhatikan keamanan dan keselamatan rumah saat ditinggalkan.

Berikut ada beberapa saran penting, sebelum meninggalkan rumah, yang diharapkan dapat melindungi tempat tinggal Anda dan seluruh isinya, dilansir Independent.co.uk.

1. Menitipkan rumah ke orang tepercaya
Beri tahu tetangga, petugas keamanan atau anggota keluarga tepercaya yang tak mudik bahwa tidak ada orang di rumah Anda selama beberapa hari.

Anda mungkin bisa menitipkan rumah kepada orang-orang tersebut. Setidaknya untuk membuka dan menutup gorden dan tirai, mengumpulkan surat pos dan memperhatikan beberapa aktivitas yang terjadi di rumah Anda.

Karena bagaimana pun, setumpuk surat di depan pintu adalah lampu hijau untuk penjahat mengetahui bahwa rumah Anda sedang kosong.

Berilah orang kepercayaan Anda kunci, daripada hanya meninggalkan kunci di bawah keset atau pot tanaman. Ini juga memungkinkan seseorang untuk mendapatkan akses ke rumah jika terjadi keadaan darurat.

2. Jangan memberi tahu perjalanan Anda di media sosial
Meskipun sangat menggoda untuk terus update tentang perjalanan Anda di media sosial, namun itu juga merupakan cara yang Anda sadari atau tidak justru memberi tahu orang lain bahwa rumah Anda sedang kosong.

Jika Anda tetap sulit untuk tidak update di sosial media, maka sebaiknya ubahlah pengaturan keamanan Anda, hanya kepada teman dan keluarga tepercaya selama perjalanan Anda. Atau, matikan informasi lokasi Anda dan tunggu sampai Anda kembali ke rumah untuk mengunggah foto apapun.

3. Manfaatkan teknologi cerdas 
Hal ini bisa memberikan ilusi hunian dan menjauhkan rumah dari penyusup atau pencuri. Colokan dan bohlam cerdas berteknologi dapat dengan mudah dipasang dan diprogram agar mereka bisa mati dan menyala pada waktu tertentu.

Ini tentu jauh lebih baik daripada membiarkan lampu menyala berhari-hari sampai Anda pulang ke rumah. Tergantung pada jenis properti tempat Anda tinggal, lampu keamanan luar ruangan juga bisa menjadi investasi yang layak.

4. Hentikan berlangganan koran sementara
Selain hemat dan mengurangi konsumsi kertas, hal ini juga membuat orang lain tidak terlalu perhatian pada setumpuk koran di atas keset atau pagar rumah yang menandakan rumah dalam keadaan kosong.

5. Cabut semua kabel elektronik
Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh atas seluruh benda elektronik Anda untuk memastikan semuanya sudah dicabut.

6. Pakai asuransi
Ini berlaku untuk perjalanan dan rumah Anda. Jika sesuatu terjadi pada Anda atau rumah saat Anda tidak ada, setidaknya kemungkinan tersebut bisa membuat Anda lebih tenang saat meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Anda dapat beristirahat dengan mudah dan fokus pada liburan bersama keluarga.


Artikel asli https://bit.ly/2xS1E0T

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait