menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Kota New York Beri Izin Mata Uang Virtual ke Perusahaan Bitpay – read more
Koki Asal Minang Angkat Suara Soal Kontroversi Rendang 'Crispy'
Next Posts
Kontroversi komentar juri MasterChef UK mengenai kulit rendang ayam yang harusnya cripsy membuat netizen banyak angkat suara

13,689 views

Sejumlah varian rendang dari Payahkumbuh, Sumatera Barat, Minggu (14/7/2013). Varian rendang ini diolah menjadi rendang kering dan memudahkan untuk dijadikan makanan kemasan.(KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Koki Asal Minang Angkat Suara soal Kontroversi Rendang 'Crispy'", https://travel.kompas.com/read/2018/04/04/210500827/koki-asal-minang-angkat-suara-soal-kontroversi-rendang-crispy

KOMPAS.com - Kontroversi komentar juri MasterChef UK mengenai kulit rendang ayam yang harusnya cripsy membuat netizen banyak angkat suara. Mayoritas memberi komentar negatif kepada juri MasterChef UK. 

"Itu adalah proses interpretasi makanan bahwa enak dan benar sangat relatif. Buat saya ketika rendang dibicarakan secara apa pun itu membanggakan," kata koki asal Payakumbuh, Sumatera Barat, Adzan Budiman saat dihubungi KompasTravel, Rabu (4/4/2018).

Adzan menyimpulkan agaknya kurang pas jika mengolok orang asing mengenai makanan Indonesia yang ada di negera mereka. Sebab jika merasakan kuliner asing di Indonesia sendiri rasanya telah berubah dari negara asalnya.

 "Apakah spaghetti bolognese yang kita buat dengan saus tomat merek Indonesia itu sama dengan yang di Italia. Apa ayam sichuan atau cap cai di sini itu sama seperti di China persis?" kata Adzan.

Nasi lemak dengan rendang ayam yang dibuat oleh kontestan MasterChef Zaleha Kadir Olpin yang dikritik juri. (Instagram Zaleha Kadir Olpin) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Koki Asal Minang Angkat Suara soal Kontroversi Rendang 'Crispy'", https://travel.kompas.com/read/2018/04/04/210500827/koki-asal-minang-angkat-suara-soal-kontroversi-rendang-crispy

Ia sendiri tak memungkiri saat memperkenalkan rendang ke luar negeri, ada bahan rendang yang diganti dan disesuaikan dengan lidah orang sana. 

"Saya dan Chef Ragil masak rendang di Swiss menambahkan paprika dan tomat. Kalau saya masak rendang seperti di Payakumbuh orang sana tidak bisa terima, ada rasa santan dan kelapa yang kuat seperti apek buat mereka," kata Adzan.

Lagi pula, menurut Adzan, makanan yang dikompetisikan dalam MasterChef UK oleh kontestan Malaysia tersebut adalah rendang versi Malaysia sebagai pendamping hidangan nasi lemak. Ada perbedaan bumbu dan rasa antara rendang Malaysia dan Indonesia.

Tak seperti rendang di restoran Padang pada umumnya yang berwarna merah. Di RM Pagi Sore, rendangnya berwarna cokelat tua.(KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Koki Asal Minang Angkat Suara soal Kontroversi Rendang 'Crispy'", https://travel.kompas.com/read/2018/04/04/210500827/koki-asal-minang-angkat-suara-soal-kontroversi-rendang-crispy

"Soal intepretasi (makanan) akan berbeda-beda, itulah kelemahan orang Indonesia yang tidak pernah dapat menerima perbedaan," kata Adzan. 

Sebelumnya, dalam episode terbaru ajang pencarian bakat memasak MasterChef Inggris, Zaleha menyajikan hidangan nasional Malaysia, nasi lemak dengan rendang ayam sebagai salah satu lauknya. Salah satu juri, Gregg Wallace mengkritik karena kulit rendang ayam tidak cukup renyah.

“Saya suka rasa rendang, ada rasa manis, namun kulit ayam tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua sausnya ada di kulit, saya tidak bisa makan," kata Wallace. 

Tiga perempuan menggiling belasan kilogram cabai setiap hari di Pasar Ibuh Timur, Payakumbuh, Sumatera Barat, Rabu (10/7/2013). Hanya dengan cabai yang digiling menggunakan tangan, rendang terlezat bisa dihasilkan. Para koki di Istana Silinduang Bulan, Batusangkar, juga menggunakan cabai giling seperti ini untuk membuat rendang yang akan disajikan kepada sultan, presiden, dan pejabat yang bertandang ke sana.(KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Koki Asal Minang Angkat Suara soal Kontroversi Rendang 'Crispy'", https://travel.kompas.com/read/2018/04/04/210500827/koki-asal-minang-angkat-suara-soal-kontroversi-rendang-crispy

Sementara itu juri lainnya, John Torode mengatakan membuat rendang ayam seperti sebuah kesalahan, tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak dan hidangan tidak terlihat indah. 

Dari kejadian tersebut juga banyak komentar dari warganet soal komentar juri MasterChef UK, karena dianggap mengkritik makanan Asia.

Beberapa warganet beranggapan bahwa para juri tidak mengetahui dengan baik bagaimana rendang ayam tersebut disiapkan.

 “Mereka tidak layak menjadi juri jika mereka tidak memiliki pengetahuan tentang masakan Asia," kata salah satu warganet.

Rendang, makanan favorit di Restoran Padang. (KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)

Sementara itu, seorang penulis makanan di Malaysia, Jahabar Sadiq memiliki pendapat yang sama bahwa juri yang memberi kritik tidak tahu apa-apa. 

“Mereka jelas tidak akrab dengan makanan ini, karena jika mereka memiliki pengetahuan maka akan tahu sebenarnya soal nasi lemak,” kata Jahabar seperti yang dilansir dari BBC News. 

Menurut dia, rendang ayam tidak disajikan dengan renyah, namun dagingnya memang harus lembut karena hasil dari lama waktu memasak.


Sumber: https://bit.ly/2Ekj5oZ

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait