menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Nilai Bitcoin Bak Roller Coaster, Bisa 'Cuan' Rp 200.000/Jam! – read more
5 Fakta Unik Asian Games 2018 Yang Enggak Banyak Diketahui
Next Posts
Sebelum Indonesia Terpilih Ternyata Ada Negara Vietnam lohhh Yang Menjadi Tuan Rumah

8,289 views

uipper.com - Quipperian, tahu dong kalau Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018? Yup, dua kota di Indonesia, yaitu Jakarta dan Palembang terpilih jadi tempat bertanding 45 negara yang tergabung dalam Olympic Council of Asia. Mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang, kita akan menyaksikan pesta olahraga terbesar di Asia, Quipperian!

Terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah pastinya merupakan hal yang membanggakan. Segala persiapan terus dilakukan hingga saat ini, demi bisa maksimal mengakomodir segala kebutuhan selama masa pertandingan.

Mulai dari membangun dan membenahi berbagai fasilitas olahraga, transportasi, hingga penginapan. Para atlet kita juga terus berlatih demi memperebutkan medali untuk Indonesia. Sementara para fans? Pastinya sudah tidak sabar menunggu perhelatan besar ini.

Nah, sambil menunggu Asian Games 2018 dimulai, kita simak dulu yuk beberapa info dan fakta unik Asian Games, Quipperian!

1. Vietnam Seharusnya Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

1. Vietnam Seharusnya Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Fakta unik Asian Games pertama, ternyata tahu enggak Quipperian kalau awalnya Vietnam-lah yang seharusnya menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Hanoi, Vietnam terpilih setelah mengalahkan dua kandidat lainnya, Surabaya dan Dubai pada pemungutan suara di tahun 2012. Namun di tahun 2014, Vietnam mengundurkan diri dan Olympic Council of Asia (OCA) kemudian memilih Indonesia sebagai pengganti.

2. Dari Surabaya, Pindah ke Jakarta dan Palembang

2. Dari Surabaya, Pindah ke Jakarta dan Palembang

Tadinya, Indonesia mengajukan kota Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan Asian Games 2018. Di tahun 2012, Surabaya menempati peringkat kedua setelah Hanoi dengan total dukungan 19 suara. Setelah Hanoi mundur, OCA pun menunjuk Surabaya sebagai kota pengganti.

Namun, Surabaya akhirnya memutuskan mengundurkan diri karena telah terpilih menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021. Ibu kota Jakarta menjadi pengganti karena memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, jaringan transportasi yang memadai, dan fasilitas penunjang lain seperti hotel dan penginapan untuk para atlet dan tamu negara. Sementara Palembang juga ditunjuk sebagai kota pendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.

3. Pertama Kalinya Diadakan di Dua Kota

3. Pertama Kalinya Diadakan di Dua Kota

Karena baru pertama kali dalam sejarah diadakan di dua kota berbeda, maka hal ini juga menjadi salah satu fakta unik Asian Games, Quipperian. Jakarta kembali menjadi tuan rumah setelah terakhir kali menyelenggarakan Asian Games tahun 1962. Sementara, ini akan menjadi ajang Asian Games pertama bagi Palembang.

Walaupun sebagian besar pertandingan akan diadakan di Jakarta dan Palembang, beberapa venue di kota lain juga akan digunakan, seperti Stadion Jalak Harupat di Bandung, Stadion Pakansari di Bogor, hingga Bendung Rentang di Majalengka. Lalu, untuk pesta pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

4. Ada 10 Cabang Olahraga Baru

4. Ada 10 Cabang Olahraga Baru

Dari 40 cabang olahraga yang akan ditandingkan di Asian Games 2018, ada 10 cabang olahraga baru yang akan debut nih, Quipperian. 10 cabang olahraga tersebut adalah Rollersport (Rollerskate dan Skateboarding), Bridge, 3 on 3 Basketball, Jet Ski, Sport Climbing, Paragliding, Pencak Silat, Jiu Jitsu, Sambo, dan Kurash.

Hal yang menarik, eSports juga akan ikut ditandingkan, lho! eSports adalah satu dari dua cabang olahraga yang masuk demosport, sebagai ekshibisi. Selain eSports, satu olahraga lainnya adalah Kano Polo.

Masing-masing eSports ini akan digelar di Jakarta dan Palembang. Cabang olahraga ekshibisi ini nantinya tetap memperebutkan medali, tapi tidak masuk perhitungan dalam kontingen pemenang.

5. Tiga Maskot di Asian Games 2018

5. Tiga Maskot di Asian Games 2018

Asian Games 2018 bukan cuma punya satu maskot lucu nih, Quipperian, melainkan tiga sekaligus! Mereka adalah Bhin Bhin, Kaka, dan Atung. Selain lucu, ketiga maskot tersebut juga punya arti yang unik, dari bentuk hingga pakaian yang digunakan.

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat khas Papua.

Sementara Kaka adalah badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan, dengan pakaian tradisional bermotif bunga khas Palembang.

Nah maskot terakhir, Atung adalah seekor rusa bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung juga memakai sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

Artikel asli https://bit.ly/2MnLdzt

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait

3 Fakta Khabib Nurmagomedov, Petarung Muslim Juara Dunia UFC
Khabib Nurmagomedov Khabib UFC sport berita baca berita

5 Fakta Seru Asian Paragames 2018
asian para games sport competition news bacaberita berita

Ini 5 Negara di Luar Asia Tenggara yang Bebaskan Visa Bagi Wisatawan Indonesia
5 Fakta Menarik yang Harus Kamu Tahu Tentang Reino Barack
5 Fakta Henry Golding, Nick Young Crazy Rich Asians Ternyata Suka Bali