menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Nilai Bitcoin Bak Roller Coaster, Bisa 'Cuan' Rp 200.000/Jam! – read more
5 Fakta Pilu Di Balik Insiden Kapal Tenggelam Tewaskan Wakapolres Labuhanbatu
Next Posts
Sebuah kapal yang ditumpangi Kapolres dan Wakapolres Labuhanbatu tenggelam pada Sabtu sore

8,802 views

Ilustrasi kapal tenggelam (AFP Photo)

Liputan6.com - Kecelakaan laut terjadi di perairan Desa Sei Lumut, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Sebuah kapal yang ditumpangi Kapolres dan Wakapolres Labuhanbatu tenggelam pada Sabtu sore, 21 April 2018.

Para penumpangnya berupaya menyelamatkan diri. Beberapa unit kapal lainnya berupaya memberikan bantuan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan sejumlah kemungkinan yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut.

Gelombang air yang cukup tinggi di perairan tersebut, kelebihan muatan, atau tabrakan dengan sesuatu di perairan tersebut merupakan beberapa di antaranya.

Di balik kejadian tersebut, Liputan6.com menghimpun sejumlah fakta menarik. Mulai dari kejadian hingga korban meninggal dalam musibah tersebut.

Berikut ini faktanya:

1. Habis Kondangan

1. Habis Kondangan

Ilustrasi kapal tenggelam (AFP Photo)

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengungkapkan, kapal yang ditumpangi rombongan Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang dilaporkan tenggelam di perairan Desa Sei Lumut, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Sabtu sore, 21 April.

Rombongan Kapolres Labuhanbatu berangkat dari Kelurahan Sei Barombang, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu menuju ke Tangkahan Tanjung Sarang Elok, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, untuk menghadiri acara.

Selesai menghadiri acara di Tanjung Elok, dan kembali pulang menuju Sei Barombang.

"Namun, dalam perjalanan yang masih berlangsung selama 10 menit, spead boat Pol Air yang mereka naiki menabrak tunggul kayu dan mengalami kebocoran sehingga kapal tidak bisa diselamatkan (tenggelam)," ucap Rina.

2. Tabrak Alat Pancing Tradisional

2. Tabrak Alat Pancing Tradisional

Ilustrasi Kapal Tenggelam

Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang mengungkapkan, kapal cepat yang menewaskan wakilnya itu membawa 10 orang. Kapal diduga menabrak alat penangkap ikan tradisional di wilayah Perairan Desa Seilumut sehingga kapal terbalik.

3. Mengangkut 7 Orang

3. Mengangkut 7 Orang

Ilustrasi kapal tenggelam (AFP Photo)

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, seluruh penumpang dan anak buah kapal (ABK) berjumlah 7 personel Polri, termasuk di dalamnya Kapolres Labuhanbatu dan Wakapolres Labuhanbatu Kompol Adi Chandra.

Ada enam personel Polri yang berhasil diselamatkan, termasuk Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang.

Adapun, Wakapolres Labuhanbatu Kompol Adi Chandra ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

4. Wakapolres Labuhanbatu Meninggal

4. Wakapolres Labuhanbatu Meninggal

Wakapolres Labuhanbatu yang tenggelam usai menghadiri acara pernikahan, meninggalkan dua anak yang masih kecil. Unggahan terakhir dalam Instagramnya adalah foto sang putra. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Wakapolres Labuhanbatu Kompol Adi Chandra yang menjadi korban kapal tenggelam di perairan Desa Sei Lumut, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, telah ditemukan. Saat ditemukan, Wakapolres Andi dalam kondisi meninggal dunia.

"Pada Minggu, 22 April 2018 sekitar pukul 10.00 WIB telah ditemukan Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra dalam keadaan meninggal dunia," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting kepada wartawan, Minggu (22/4/2018).

Dia menuturkan, pencarian jasad Wakapolres Andi itu dipimpin Kapolres Labuhanbatu AKBP Grido Situmorang. Tim gabungan yang terdiri dari personel Polres Labuhanbatu, BPBD, TNI, dan warga atau nelayan diterjunkan. Mereka menyisir sekitar lokasi kejadian.

"Korban ditemukan tim dalam keadaaan meninggal dunia tidak jauh dari lokasi karamnya speed boadPol Airud Polres Labuhanbatu," jelas Rina.

5. Dimakamkan di Simalungun

5. Dimakamkan di Simalungun

Wakapolres Labuhanbatu yang tenggelam usai menghadiri acara pernikahan, meninggalkan dua anak yang masih kecil. Unggahan terakhir dalam Instagramnya adalah foto sang putra. (dok. Instragram @andichandra81/Dinny Mutiah)

Polres Labuhanbatu mengevakuasi jasad Kompol Andi Chandra usai ditemukan di perairan Sei Palas Desa, Sei Lumut, Kecamatan Panai Hilir, Minggu (22/4/2018). Mayoritas personel Polres Labuhanbatu menyambut dengan rasa haru saat jenazah tiba di Pelabuhan Tanjung Sarang Elang di Kecamatan Panai Hulu.

Selanjutnya, jenazah divisum di RSUD Rantauprapat. Usai divisum, almarhum disalatkan dan fardhu khifayah di rumah dinas Asrama Polres Labuhanbatu Jalan Thamrin, Rantauprapat, bersama masyarakat.

Setelah itu, sekitar pukul 14.00 WIB dibawa ke Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, untuk disemayamkan di mota kelahirannya.


Artikel asli https://bit.ly/2qSG862

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait