menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Nilai Bitcoin Bak Roller Coaster, Bisa 'Cuan' Rp 200.000/Jam! – read more
Lima Film Indonesia Bertema Kuliner
Next Posts
Kemunculan film Aruna & Lidahnya menambah deretan film bertemakan kuliner di Indonesia


6,129 views

'Aruna & Lidahnya' menambah deretan film yang memiliki tema kuliner. (Dok. Palari Films/CJ Entertainment via Youtube)

CNN Indonesia -Kemunculan film Aruna & Lidahnya yang secara resmi tayang mulai hari Kamis (27/9), menambah deretan film bertemakan kuliner di Indonesia. 

Sebelumnya, terdapat sejumlah film yang juga berkaitan dengan kuliner Indonesia seperti Tabula Rasa, Koki-Koki Cilik, hingga Filosofi Kopi.

Menariknya, film-film tersebut tidak hanya bercerita soal kuliner saja. Namun juga diberi bumbu soal cerita romantis, komedi, persahabatan, juga kompetisi.

Aruna & Lidahnya diadaptasi dari buku berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak, film ini mengisahkan tentang Aruna yang dipertemukan tiga orang sahabat saat melakukan investigasi flu burung. Ia sendiri bekerja di salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bidang kesehatan.

Diwarnai sejumlah masalah selama investigasi, mereka turut mengisi kegiatannya dengan menjajal kuliner dari setiap daerah yang dikunjungi. Petualangan mereka menjadi semakin menarik karena masing-masing individu karakter yang berbeda.

Mengambil latar di Surabaya, Pamekasan (Madura), Pontianak serta Singkawang, Aruna & Lidahnya turut mengekspos sejumlah kuliner dari daerah tersebut.

Film yang diperankan Dian Sastrowardoyo sebagai Aruna, Nicholas Saputra sebagai Bono, Oka Antara sebagai Faris, serta Hannah Al Rashid sebagai Nad itu diarahkan oleh Edwin, peraih sutradara terbaik Posesif.

Tabula Rasa

Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Ratih Kumala, Tabula Rasa mengisahkan tentang Hans, pemuda dari Papua yang datang ke Jakarta untuk menjadi pemain sepak bola. 

Di tengah perjalanan, Hans bertemu dengan Mak, pemilik sebuah rumah makan Padang. 

Pertemuan tersebut lalu membuat perubahan dalam hidup Hans. Di tengah perbedaan dirinya dengan Mak, mereka menemukan persamaan. Makanan menjadi iktikad baik untuk bertemu, dan lewat makanan serta masakan, Hans kembali menemukan mimpi dan semangat hidup.

Film yang diperankan oleh Jimmy Kobogau, Yayu Unru, Ozzol Ramdan, dan Dewi Irawan itu diarahkan oleh sutradara Adriyanto Dewo.

Koki-Koki Cilik

Film bertemakan kompetisi masak di kalangan anak ini menyorot kisah Bima, seorang anak dari keluarga tidak mampu berhasil ikut dalam acara Cooking Camp, sebuah acara kemah memasak yang sangat bergengsi. 

Dalam kondisi apapun, Bima harus menghadapi tantangan memasak dari Chef Grant demi meraih gelar Koki Cilik di Cooking Camp.

Dibintangi bintang cilik Farraz Fatik, Chloe Xaviera, Clarice Cutie, Alifa Lubis, Ali Fikry, Romaria Simbolon, serta Marcello dan turut didukung oleh penampilan Ringgo Agus Rahman, Morgan Oey, Aura Kasih, Fanny Fabriana, dan Abah Kurdi.

The Wedding and Bebek Betutu

Film bergenre komedi ini mengisahkan tentang sekelompok pekerja di sebuah hotel dan menamai diri sebagai "The Crew" berupaya keras untuk menyelamatkan acara pernikahan putri tunggal dari pemilik hotel mereka. 

Pernikahan itu terancam gagal karena adanya permintaan khusus untuk menyajikan hidangan bebek betutu dengan resep spesial. 

Semua masalah, baik dari hidangan wajib hingga ancaman pemerasan harus ditanggulangi hanya dalam waktu 24 jam saja.

Di bawah arahan sutradara Hilman Mutasi, film ini diramaikan dengan aksi komedian yang besar melalui program variety show Extravaganza. Di antaranya, Tora Sudiro, Ronal Surapradja, Tike Priatnakusumah, Indra Birowo, Aming, Virnie Ismail, Rony Dozer, Sogi Indra Dhuaja, Mieke Amalia, Omesh, TJ, Ence Bagus, dan Edric Tjandra.

Filosofi Kopi

Terinspirasi dari cerita pendek karya Dewi 'Dee' Lestari, film ini mengungkap perjalanan dua sahabat, Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) untuk mencari biji kopi terbaik di Indonesia. Kedua sahabat ini merupakan pemilik kedai kopi terkemuka bernama Filosofi Kopi.

Film yang diarahkan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini turut dirilis dalam versi sekuel dan seri webnya.

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait