menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Nilai Bitcoin Bak Roller Coaster, Bisa 'Cuan' Rp 200.000/Jam! – read more
Sosok Mobil Pertama Di Indonesia Yang Hilang Dipinjam Belanda
Next Posts
Semasa Soeharto menjadi orang nomor satu, mobil dinas Kepresidenan selalu identik dengan mobil yang selalu bersaing dengan BMW tersebut

18,414 views

Foto by Istimewa

Otosia.com - Pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz sebenarnya begitu kental dengan sejarah Indonesia. Semasa Soeharto menjadi orang nomor satu, mobil dinas Kepresidenan selalu identik dengan mobil yang selalu bersaing dengan BMW tersebut.

Namun jauh dari era para pejabat negara menggunakan Mercedes-Benz di tahun 1960-an, merek tersebut sudah pernah dipakai oleh pejabat kerajaan.

Kala itu, Raja Surakarta, Pakubuwono ke X disebut menjadi pemilik mobil pertama yang ada di Indonesia. Namanya ialah Mercedes-Benz Victoria Phaeton yang didatangkan dari Jerman tahun 1894. Bentuk dan fiturnya dilaporkan merupakan hasil pesanan dari Pakubuwono X sendiri.

Proses Pembelian

Kalau zaman sekarang membeli mobil begitu mudah dan beberapa APM (Agen Pemegang Merek) sudah menyiapkan unit untuk langsung dibawa pulang, maka Pakubowono X harus menunggu sampai setahun hingga mobilnya sampai di Indonesia.

Konon raja membeli Mercedes-Benz itu dengan harga 10 ribu gulden.

Ketika sampai di Indonesia, jelas banyak orang terkesima karena kebanyakan pejabat negara di era kolonial Belanda masih menggunakan kereta kuda.

Mesin mobil ini masih menggunakan single silinder dengan kapasitas 2.000cc. Power yang berhasil dimuntahkan sebesar 5 tk.

Hilang Setelah Dipijam Belanda

Menurut data yang dihimpun oleh Liputan6.com, mobil Mercedes-Benz Victoria Phaeton itu beberapa waktu kemudian tidak pernah terlihat lagi di Tanah Air. Sebab, pemerintah Belanda meminjamnya untuk dipamerkan RAI pada tahun 1924.

Setelah kekalahan Belanda atas Jepang, Victoria Phaeton semakin terlupakan dan tak pernah kembali lagi ke tangan Pakubowono X.

Setelah sekian lama tidak ada kabar dan cerita, Mercedes-Benz Victoria Phaeton diketahui bertengger di salah satu booth pameran di sebuah museum di Den Haag, Belanda.

 (kpl/sdi)

Artikel asli https://bit.ly/2H3V3jj

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait