menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Kota New York Beri Izin Mata Uang Virtual ke Perusahaan Bitpay – read more
Ulang Tahun Ke-20, Google Dulunya Diciptakan Di Asrama Mahasiswa
Next Posts
Siapa sangka, Google dulunya lahir di sebuah kamar asrama sebuah kampus

8,397 views

Photo : Google Doodle ulang tahun Google

VIVA – Selamat ulang tahun, Google! 27 September adalah hari yang bersejarah untuk Google. Raksasa teknologi yang mempermudah hajat hidup penduduk Bumi itu kini berusia 20 tahun.

Untuk merayakannya, Google meluncurkan doodle yang menampilkan tahap demi tahap perjalanan perusahaan sejak awal didirikan hingga sekarang.

Siapa sangka, Google dulunya lahir di sebuah kamar asrama Universitas Stanford. 

Seperti dikisahkan pada laman Daily Mail, pada tahun 1995 di Stanford University di Stanford, California, calon mahasiswa pascasarjana Larry Page, bertemu Sergey Brin, seorang mahasiswa di perguruan tinggi.

Setelah menjadi teman, Page dan Brin mengembangkan mesin pencari dari kamar asrama mereka yang dikenal sebagai Backrub pada tahun 1996. Mereka merancang dan meningkatkan pencarian online dengan menggunakan tautan untuk menentukan pentingnya halaman situs web.

Setelah berganti nama menjadi Google tidak lama kemudian, pendiri Sun Microsystem Andy Bechtolsheim berinvestasi $100,000 untuk mendirikan startup pada bulan Agustus 1998. Page dan Brin secara resmi mendaftarkan Google pada tanggal 4 September 1998.

Investasi di perusahaan baru itu memungkinkan Page dan Brin pindah ke lokasi baru dan bekerja di garasi di Menlo Park, California, yang dimiliki oleh karyawan dan CEO YouTube masa itu, Susan Wojcicki.

Google tumbuh pesat di tahun-tahun awal dan akhirnya menetap di kantor pusat baru di Mountain View, California pada tahun 2003. 

Perusahaan meluncurkan penawaran publik pertamanya di NASDAQ pada bulan Agustus 2004, dan merilis sejumlah layanan baru selama bertahun-tahun, termasuk Google News pada tahun 2002, Gmail pada tahun 2004, Google Maps pada tahun 2005 dan Google Chrome pada tahun 2008.

Perusahaan juga meluncurkan sistem operasi mobile-nya, Google Android pada tahun 2008, dan kemudian bercabang ke sosial media, mendirikan Google+ jejaring sosial online pada tahun 2011.

Pada Oktober 2015, Google menjadi anak perusahaan utama dari perusahaan induk baru Alphabet Inc.

Saat ini, Google adalah mesin pencari terbesar di dunia dan mempekerjakan sekitar 80.050 orang pada tahun 2018, sementara pendapatannya sekitar $110.9 milyar per 2017. (ren)

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait