menu
  • Inspirasi Millenial
  • Viral
  • Galeri
  • Video
  • LAINNYA

# Bitcoin

  • G-20 Luncurkan Kerangka Kerja Pengawasan Bitcoin Cs – read more
  • Bitcoin Sudah Bisa Penuhi Syariat Islam – read more
  • Polisi Ungkap Judi Bola Pakai Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun – read more
  • Nilai Bitcoin Bak Roller Coaster, Bisa 'Cuan' Rp 200.000/Jam! – read more
39 Fakta Tentang UGM, Dari Kampus Tertua Sampai Hantu Mbak Yayuk
Next Posts
Kampus itu telah menghasilkan deretan tokoh ternama tingkat nasional dan internasional

17,550 views

Kampus UGM di Keraton Yogyakarta tahun 1950-an. (baginda-bintang.blogspot.co.id)

TRIBUNJAMBI.COM - Anda diterima jadi mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) via jalur SNMPTN 2018? Tentu itu kebanggaan bagi diri sendiri dan keluarga.

Kampus itu telah menghasilkan deretan tokoh ternama tingkat nasional dan internasional. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengatahui 39 fakta tentang UGM,kampus negeri pertama di Yogyakarta ini.

Perlu diketahui, UGM merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia pada 19 Desember 1949. Kampus ini merupakan universitas pertama yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Saat didirikan, seperti dituliskan wikipedia, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki 6 fakultas. Sekarang, jumlahnya ada 18 fakultas dan dua sekolah, yaitu sekolah vokasi dan sekolah pascasarjana (dahulu bernama program pascasarjana), dan lebih dari 100 program studi untuk S-2,S-3, dan spesialis.

Lokasi Universitas Gadjah Mada di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi.

Fakta lain disajikan berkuliah.com. Ada 39 fakta tentang UGM yang menarik di sana.

1. Seluruh prodi jurusannya sudah terakreditasi A.

2. Gedung pusat UGM atau Balairung UGM adalah gedung modern pertama di Indonesia.

3. Desain Baliarung ini terinspirasi arsitektur Yunani kuno, dirancang Ir Hadinagoro.

4. Gedung pusat ini dibangun dengan konsep Tri Hatta Karana, menggambarkan garis imajiner kosmologis dengan Gunung Merapi di utara, Kraton Yogyakarta di tengah dan laut kidul di selatan dalam satu garis lurus.

5. Di belakang Gedung Pusat terdapat 7 pohon cemara yang mengandung arti 7 pendeta utama. Yaitu Agastya, Brihgu, Bhargava, Bharadvaja, Kasyapa, Vashita, dan Vismamitra.

6. Maknanya yaitu jujur, enggan berbuat jahat, enggan mengingkari janji, enggan barang haram, tidak suka pujian, tidak suka sesuatu yang kotor dan tidak menyukai barang-barang mewah.

7. Setiap hari minggu ada pasar dengan naman Sunday Morning. Pasar ini menjual dengan harga murah dan pastinya pas di kantung mahasiswa.

8. UGM Resmi didirikan pada 19 Desember 1949 oleh Ir Soekarno.

9. Komitmen UGM didirikan berawal dari Prof Ir Wreksodhiningrat, Prof Dr Prijono, Prof Ir Harjono, Prof M Sarjono, untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia.

10. Memiliki tiga makna logo. Pertama, pusat lingkaran bermakna sinar. Kedua, dua lingkaran berada ditengah matahari, lingkaran bagian dalam terdapat tulisan Gadjah Mada, lingkaran bagian luar terdapat tulisan Universitas dan Yogyakarta, lima kumpulan sinar berbentuk Kartika atau Bintang Segi Lima. Ketiga, lima yang songkok yang berarti topi kebesaran panglima.

11. Logo UGM sangat indah sehingga banyak instansi lain yang meniru, karena dianggap unik dan sangat bermakna.

12. Saat pertama kali didirikan, UGM memiliki 6 fakultas, yaitu kedokteran gigi dan farmasi, pertanian, kedokteran, teknik, sastra dan filsafat dan hukum.

13. Tahukah Kamu bahwa masjid kampus UGM bukanlah milik UGM.

14. Nama Gadjah Mada diambil dari patih Majapahit yang memiliki cita-cita ingin menaklukkan Nusantara dibawah pimpinannya.

15. Presiden Soekarno menginginkan UGM meneladani sikap Gajah Mada yaitu “Palapa” dan 4 ajaran hidup. Trisna tan satrisna artinya tidak pilih kasih, haniakan musuh artinya tidak punya musuh, satya haprabu artinya taat kepada sang penguasa, ginong pati dino artinya berbuat besar setiap hari.

16. UGM memiliki cerita misteri tentang panampakan hantu loh. Yaitu hantu jembatan fakultas pertanian, hantu kepala melayang dan kuntilanak di fakultas geografi, hantu Mbak Yayuk mahasiswa abadi di fakultas ekonomi, hantu di Swaragama, hantu gedung MIPA selatan, hantu bapak tua di Balairung UGM, hantu mayat bahan praktik di kedokteran.

17. Ada warung Sego Pecel (SGPC) Bu Wiro, warung ini sangat populer dikalangan mahasiswa. Selain terkenal enak, warung ini telah berusia 42 tahun.

18. Di UGM sandal jepit dan kaos oblong dilarang masuk, namun beberapa fakultas mengizinkan.

19. UGM telah membangun Museum UGM yang dikunjungi secara umum. Di museum ini Anda dapat memperoleh pengetahuan tentang awal UGM dibangun.

20. UGM memiliki rumah sakit akademik, yaitu RSUP dr Sarjito.

21. Untuk masuk di UGM, Anda harus pintar dalam lolos seleksi. Bukan rahasia lagi bila mahasiswa yang berhasil masuk UGM dianggan pintar, karena standar UGM yang tinggi.

22. Luas keseluruhan UGM sekira 300 hektare.

23. UGM memiliki Food Court Plaza UGM dengan fasilitas makanan yang lengkap dan free hotspot. Dulu para padagang kaki lima pernah mangadakan aksi demo ketika akan diadakan relokasi ke tempat yang nyaman.

24. Selain itu, bagi Anda dari kampus lain juga dapat makan di Food Court Plaza UGM ini.

25. UGM Residence adalah asrama untuk mahasiswa dengan beberapa lokasi. Yaitu Bulaksumur Recidance, Cemaralima Residance, Darmaputra Residance dan Ratnaningsih Residance. Pertengahan 2014 dua asrama baru jadi, yaitu Kinanti Residance dan Sendowo Residance.

26. Untuk menempati asrama ini mahasiswa dikenakan biaya per bulan.

27. Jurusan pendidikan kedokteran adalah jurusan yang paling diincar banyak orang.

28. Banyak guru besar universitas di Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan di UGM.

29. Memiliki ratusan laboratorium yang tersebar di 18 fakultas. 1 sekolah fokasi dan 1 sekolah pascasarjana.

30. UGM menyedikan fasilitas pinjam sepeda kepada mahasiswanya. Ini dilakukan untuk mengajak mahasiswa lainnya gemar bersepeda dan mengurangi pemakaian BBM dan polusi.

31. Meski kampus ini sudah berskala Internasional namun tetap menerapkan asas go green.

32. Alamamater UGM sudah terpandang baik di masyarakat jadi pastinya banyak perusahaan yang memburu lulusan UGM untuk direkrut.

33. Semua orang tahu kualitas UGM itu sangat bagus.

34. UGM memiliki biaya yang mahal namun kualitas yang diberikan juga tinggi.

35. Pohon Bodhisatya adalah pohon tertua di Ugm sekaligus pohon pertama yang ditanam. Usianya mencapai 47 tahun.

36. Terdapat dua bus ford 1980 yang samapai saat ini masih kokoh untuk digunakan. Dua bus ini juga banyak menyimpan sejarah dalam pembangunan UGM.

37. Lokasi UGM tepat berada di Barat kampus UNY (Universitas Negeri Yogyakarta).

38. Lokasi fakultasnya memang tersebar namun masih dalam satu kawasan. Sehingga mudah untuk dijangkau.

39. Senioritas di UGM masih kental. Itu terlihat dari para junior memanggil kakak tingkat dengan sebutan “kakak”. Ini juga mendapat pengaruh dari budaya Jawa di Yogyakarta yang mengajarkan untuk menghormati yang lebih tua.

Nah, itu fakta tentang UGM yang menarik dan terangkum. Silakan apabila Anda ingin menambahkan.


Artikel asli https://bit.ly/2HvJkyl

REAKSI ANDA?

Facebook Conversations



Artikel Terkait