Wed. Jan 26th, 2022
5 Cara Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak

Stimulasi anak 1 tahun untuk mengembangkan motorik kasarnya merupakan sebuah pengetahuan penting bagi para orangtua. Kemampuan motorik kasar anak merupakan kemampuan si kecil melakukan berbagai kegiatan menggunakan gerakan dari seluruh tubuh. Misalnya gerakan dengan kaki, tangan, atau perut, dan bagian tubuh lain.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk membantu anak melakukan aktivitas sehari-hari dan membuat si kecil mampu merawat dirinya. Misalnya keterampilan dasar memakai pakaian sendiri, naik ke tempat tidur atau menaiki tangga.

Inilah yang Harus Dilakukan untuk Stimulasi Motorik Kasar Anak

Anak-anak mengalami masa perkembangan motorik yang berbeda dan bertahap mulai dari hal-hal kecil seperti mengangkat kepala, mengangkat lengan, duduk, merangkak, berjalan, kemudian melakukan gerakan-gerakan lainnya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu menstimulasi motorik kasar anak yang berusia 1 tahun ke atas:

1.     Melakukan Tummy Time

Tummy time merupakan kegiatan yang baik dilakukan pada si kecil semenjak lahir, yaitu gerakan tengkurap atau bertumpu pada perut. Kegiatan ini dapat memperkuat otot leher dan punggung bayi sehingga wajib dilakukan sejak dini. Tidak perlu lama, hanya 1-2 setiap sesi dan dilakukan 4-5 sekari di awal-awal masa pertumbuhan bayi.

2.     Menolehkan Kepala

Otot leher dan bagian kepala merupakan bagian pertama yang harus dilatih agar pertumbuhan si kecil optimal. Bantu anak dengan merangsangnya untuk melakukan gerakan menoleh ke kanan atau kiri. Caranya dengan menggunakan mainan yang membuatnya tertarik menoleh kanan dan kiri. Lakukan ini semenjak usia dini.

3.     Ajarkan untuk Duduk dan Berdiri

Duduk merupakan kegiatan yang bisa dilakukan anak di usia 6 bulan, untuk membantunya duduk bisa dimulai dengan melatihkan duduk bersandar pada bantal semenjak dini, kemudian mengajarkannya duduk dengan usaha sendiri.

4.     Mengajarkan Anak Berdiri

Umumnya anak sudah mulai berusaha berdiri sendiri semenjak usianya 9 bulan. Di usia ini Anda dapat membantunya dengan tangan dan mengajaknya berdiri, kemudian membantunya melangkah sambil dipegangi. Stimulasi anak 1 tahun ini sangat penting karena jika tidak dilakukan dengan tepat akan memperlambat proses perkembangan si kecil.

Anda juga bisa membuat pagar berukuran sekitar 50 centimeter berbentuk kotak yang diletakkan di dalam rumah untuk menolong anak belajar berdiri. Sebab di usia satu tahun ke atas normalnya anak sudah dapat berdiri sendiri dan mulai melangkah.

5.     Bermain Menara Balok

Memainkan balok-balok kayu atau plastik juga merupakan salah satu cara melatih gerakan motorik kasar anak. Anda bisa menyediakan balok ukuran kecil, sedang, dan besar dengan berbagai bentuk. Lalu ajaklah anak menyusun menara balok kemudian merobohkannya.

Membantu anak melatih motorik kasarnya dan harus mulai dilakukan semenjak dini. Mulai dari melatih otot leher, punggung, perut, tangan, serta kaki. Ketika Anda melakukan stimulasi anak 1 tahun perlu melakukannya secara perlahan dan sabar dengan cara-cara menyenangkan.

By admin