Sat. May 21st, 2022
6 Tips Membuat Hotang Renyah dan Matang Merata

Hotang atau hotdog kentang adalah sosis di tusuk sate yang dibungkus dengan adonan tepung dan diikat dengan potongan kentang goreng, lalu digoreng. Teksturnya crunchy di luar dan lembut di dalam.

Rasanya juga sangat enak, apalagi dicocol dengan mayonaise dan saus. Nah, berikut kami rangkum 6 tips membuat hotang!

  1. Jangan menggunakan sosis beku

Sosis yang digunakan untuk membuat hotang tidak perlu dibekukan. Selain sulit ditusuk, sosis tidak akan matang sempurna meski setelah digoreng.

Oleh karena itu, jika sosis yang Anda gunakan masih beku, cairkan terlebih dahulu dengan merendamnya dalam air panas atau bisa juga dengan direbus.

  1. Kentang dipotong 1×1 cm agar lebih bagus

Kentang yang digunakan sebagai “kulit” hotang ini berasal dari kentang goreng. Untuk membuat hotang memiliki bentuk yang bagus dan terlihat tajam saat matang, potong kentang goreng menjadi kubus berukuran 1×1 cm.

  1. Pastikan adonan tepung kental dan lengket

Bahan-bahan untuk hotang ini sangat mudah didapatkan yaitu tepung serbaguna, tepung terigu, tepung maizena, dan air matang. Semua bahan dicampur jadi satu, lalu aduk perlahan hingga adonan kental dan lengket saat disentuh.

  1. Gunakan gelas agar lebih mudah saat mencelupkan sosis

Adonan pencelup kemudian dimasukkan ke dalam gelas plastik besar yang volumenya kurang lebih 400 hingga 500 ml. Dengan gelas plastik besar akan memudahkan Anda untuk mencelupkan dan mengangkat sosis sate, dan dapat melapisi sosis lebih merata dan dengan ketebalan yang pas.

  1. Celupkan satu per satu

Untuk mendapatkan hotang yang enak dengan ketebalan kulit yang sama, jangan merendam beberapa sosis sekaligus. Celupkan sate sosis satu per satu ke dalam mangkuk.

Tidak perlu merendamnya terus menerus, cukup sekali saja jika sudah tebal.

  1. Pastikan sosil tertutupi secara merata

Setelah dilumuri dengan adonan tepung, segera gulingkan sosis sate di atas potongan kentang goreng. Tekan perlahan dan potong kentang goreng yang sudah menempel.

Pastikan tidak ada bagian sosis yang “berlubang”.

By admin