Wed. Oct 20th, 2021
Ini Lho Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Sabagai orang tua tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri ketika menghadapi anak yang susah makan. Hal ini juga memunculkan kekhawatiran berlebih karena asupan nutrisi yang terhalang sehingga mengganggu proses pertumbuhan buah hati anda. Ada banyak sekali masalah makan yang sering terjadi seperti anak menolak makan, gerakan tutup mulut dan hanya mau mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan tersebut?

Anaka hanya memilih makanan tertentu

Tidak heran apabila anak hanya menyukai jenis makanan tertentu ketika pertama kali ibu mengenalkan ppada beragam jenis makanan. Hal ini beresiko pada anak yang hanya mau mengkonsumsi makanan tersebut dan menolak menu lain yang ibu tawarkan. Padahal apabila hal ini terus terjadi naka dapat kekurangan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh lainnya.

Untuk mengatasinya sebagai ibu jangan menyerah dalam menawarkan menu baru setiap harinya. Tidak ada salahnya apabila anda sebagai ibu menyajikan menu baru bersama makanan favorite sang anak.

Anak menolak untuk makan

Menolak makan merupakan masalah susah makanyang paling umum terjadi pada anak. Anak biasanya menghabiskan makanan yang disediakan pada hari pertma dan menolak pada ke esokan harinya. Ketika fikirannya berubah bisa jadi selera makannya pun juga berubah.

Memang membutuhkan kesabaran ketika anak menolak makan. Akan tetapi anda jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanananya, apabila anak menolak tawarkan kembali dua jam kemudian ataupun anda juga dapat memberikan camilan padat gizi guna memnuhi nutrisinya. Jangan memarahi ataupun memaksa anak dalam makan karena akan membuatnya trauma.

Makan makanan satu jenis saja

Terkadang anak hanya mau makan satu jenis makanan saja. Hal ini biasanya disebabkan karena anak tertarik dengan makanan yang rasanya sudah ia kenali. Hanya saja dengan pola konsumsi seperti itu akan membuat anda sebagai orang tua bingung. Ada cara mengatasi anak yang susah makan seperti ini yakni disini sebagai orang tua anda harus tetap tenang dan menawarkan makanan lain tetapi bukan dengan cara paksa. Apabila anak anda sudah besar anda dapat mengajaknya ke supermarket dan meminta ia memilih buah dan sayur yang ia inginkan dan ketika di rumah ajaklah ia menyiapkan makanan sebelum mengkonsumsinya.

Mengatasi anak yang hanya mau makanan cepat saji

Makanan cepat saji bukan hanya disukai oleh orang dewasa tetapi juga anak – anak. Rasanya yang enak dengan tampilan beragam membuat anak lebih menyukai makanan cepat saji seperti kentang goring, ayam goring bahkan mie instan. Disini cara mengatasi anak yang susah makan anda tidak disarakan untuk menyimpan makanan ini di rumah. Ada baiknya anda menyediakan makanan yang lebih sehat seperti buah, yoghurt ataupun jus buah. Di sini juga dibutuhkan kreativitas ibu dalam mengolah makanan sehingga anak jauh lebih tertarik dengan masakan ibu dibanding beli di luar.

By admin