Wed. Jan 26th, 2022
Kesalahan Jogging yang Jarang Disadari Padahal Berakibat Fatal

Lari atau jogging menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup banyak dipilih seseorang yang sedang mulai membiasakan gaya hidup sehat. Tidak dimungkiri memang bahwa jogging memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk menunjang kesehatan tubuh secara umum. Tidak hanya itu, jogging pun juga termasuk olahraga yang mudah dilakukan.

Perlu diketahui bahwa meskipun sekilas terlihat sangat mudah dilakukan, namun tetap saja ada kesalahan yang dilakukan ketika seseorang melakukan jogging. Sayangnya, kesalahan tersebut tidak disadari meskipun bisa saja mengakibatkan sesuatu yang fatal.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa kesalahan yang kerap dilakukan seseorang ketika jogging yang cukup jarang disadari. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya!

Kesalahan Umum Jogging yang Jarang Disadari

Sebagaimana disinggung di awal bahwa meskipun jogging cenderung mudah dilakukan, namun ada beberapa kesalahan elementer yang jarang disadari. Padahal, bisa saja, kesalahan tersebut memiliki efek yang cukup fatal.

Adapun beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika jogging diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lari terlalu cepat

Banyak orang yang melakukan jogging dengan kecepatan lari yang tidak teratur atau bahkan terlalu cepat. Tanpa disadari, hal semacam ini adalah sebuah kesalahan yang cukup fatal. Pasalnya, kecepatan lari yang berubah-ubah bahkan terlalu cepat akan menyita energi yang cukup besar.

Nah, apabila Anda melakukan kesalahan ini berulang kali, bukan hanya Anda yang akan cenderung merasa lelah lebih cepat, namun juga cedera pada otot. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda belajar terkait bagaimana kecepatan jogging yang disarankan.

  • Otot yang kelebihan beban

Meskipun jogging memiliki manfaat yang sangat banyak, namun tentu olahraga ini tidak bisa dilakukan secara berlebihan. Ya, jogging yang berlebihan hanya akan membuat otot memiliki beban yang cenderung berlebihan.

Kondisi ini cukup fatal karena otot yang memiliki beban yang besar cenderung rentan pada cedera. Oleh karenanya, Anda perlu mengatur durasi dari jogging yang akan dilakukan. Sebagai saran, lakukan jogging sesuai kemampuan dan kekuatan otot serta jangan memaksakan diri.

  • Menggunakan sepatu yang salah

Memang, jogging bisa dilakukan dengan sepatu apa saja yang Anda pakai. Namun, mengenakan sepatu yang kurang tepat tentu juga merupakan sebuah kesalahan yang sebaiknya dihindari.

Perlu diketahui bahwa dalam jogging, peran sepatu bisa dikatakan sangat penting. Jika Anda menggunakan sepatu yang salah atau sepatu yang bukan untuk jogging, maka Anda nantinya membutuhkan kekuatan yang lebih besar untuk mengangkat kaki. Bahkan, ada risiko cedera karena salah sepatu.

Tentu, ada baiknya jika Anda melihat ulang sepatu yang Anda gunakan. Pastikan jika sepatu tersebut adalah sepatu yang disarankan untuk jogging.

Beberapa hal di atas adalah kesalahan umum yang banyak terjadi saat jogging. Hindari kesalahan tersebut demi mendapatkan manfaat jogging yang lebih maksimal.

By admin