Wed. Jan 26th, 2022
Macam-Macam Kopi di Indonesia yang dikenal dunia

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi dengan kualitas terbaik dan merupakan produsen kopi terbesar di dunia setelah brasil. Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat 25 macam kopi yang dikomersilkan akan tetapi hanya beberapa yang dikenal hingga mancanegara. Oleh karena itu, sebagai pecinta kopi mengenal macam-macam kopi sangatlah penting agar anda bisa memilih kopi sesuai dengan selera anda.

Macam-Macam Kopi Terbaik di Indonesia

Setidaknya ada dua jenis kopi yang ada di Indonesia , diantaranya yaitu arabika dan robusta. Jika kita melihat pada ciri-ciri kopi arabika maka biji kopi memiliki bentuk yang sedikit memanjang dan agak  pipih. Sedangkan pada kopi robusta memiliki bentuk lebih bulat serta ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan arabika. Adapun beberapa jenis atau macam kopi yang terkenal di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1.       Kopi Arabika

Jenis pertama yang terkenal adalah kopi arabika. Kopi ini sendiri sebenarnya berasal dari Ethiopia kemudian bangsa arab disebarkan ke penjuru dunia. Kopi ini sendiri merupakan kopi yang paling populer didunia dan harganya pun lebih mahal karena memang memiliki perawatan dan pembudidayaannya yang tidak mudah. Ciri khas dari kopi ini adalah warna seduhannya yang tidak terlalu pekat sehingga tingkat keasaman lebih tinggi pada kafeinnya.

  1.       Kopi Robusta

Macam-macam kopi selanjutnya adalah kopi robusta. Kopi ini sendiri merupakan salah satu jenis kopi yang sering dikonsumsi oleh penduduk Indonesia. Jenis kopi ini sendiri lebih tahan terhadap serangan penyakit karat daun, namun akan memerlukan 10 hingga 11 bulan untuk proses pembuhannya menjadi buah. Jika dibandingkan dengan kopi sebelumnya, untuk kopi robusta memiliki cita rasa yang lebih pahit akan tetapi memiliki harga yang lebih murah.

  1.       Jenis kopi Liberika

Kopi ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kopi arabika dan robusta.akan tetapi, dalam proses penjemurannya bobot kopi ini akan menyusut 10%dari bobot basahnya. Oleh karena itu, jenis kopi ini kurang disukai oleh para petani karena ongkosnya lebih mahal akan tetapi prosesnya panjang dan lama.

  1.       Kopi Ekselsa

Sedangkan jenis terakhir dari macam kopi adalah kopi ekselsa. Kopi ini asli dari afrika barat dan kopi ini dibudidayakan di daerah rendah dan basah karena tidak rentan diserang penyakit. Di Indonesia sendiri, kopi ini bisa dijumpai di beberapa daerah seperti di Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Harga dan kualitas dari kopi ini sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis arabika dan robusta.

Itulah beberapa macam-macam kopi yang terkenal di Indonesia. Semua jenis kopi tersebut cukup terkenal dan tidak hanya di Indonesia saja penyebarannya karena penjualan dari kopi tersebut sudah mencapai mancanegara. Hal itu tentu saja karena kopi-kopi tersebut memiliki cita rasa yang luar biasa.

By admin