Wed. Jan 26th, 2022
Makanan Rendah Karbohidrat untuk Diet

Untuk mengatur pola makan/diet guna menghindari obesitas, kalian harus memilih menu makanan dengan lebih berhati-hati. Salah satunya adalah makanan rendah karbohidrat. Obesitas atau kelebihan berat badan termasuk masalah Kesehatan yang dihindari banyak orang. Bukan hanya menggangu penampilan, masalah Kesehatan yang satu ini juga dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti diabetesdan penyakit jantung.

Daftar Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Rendah

Karbohidrat adalah zat gizi sebagai sumber energi terpenting bagi kita sebab molekulnya menyediakan unsur karbon yang siap digunakan oleh sel di dalam tubuh. Bagi kalian yang mengalami obesitas, salah satu diet yang efektif untuk menurunkan berat badan adalah diet rendah karbohidrat. Berikut beberapa makanan yang bisa kalian jadikan menu untuk diet:

  1. Daging

Contoh daging tinggi protein & rendah gula adalah daging domba, bebek, ayam, kalkun, dan sapi. Burger, bistik, sosis, bacon, dan ham adalah beberapa contoh olahannya.

  1. Ikan

Ikan yang termasuk sumber protein rendah karbo & gula adalah tiram, cumi, udang, ikan trout, sarden, dan salmon.

  1. Sayuran

Sayuran tergolong bahan makanan kaya vitamin, mineral, dan air, juga rendah karbohidrat & gula. Misalnya adalah kubis, lobak, bayam, asparagus, kembang kol, jamur, tomat, paprika, dan brokoli.

  1. Biji-bijian & Kacang

Biji-bijian & kacang bukan hanya tinggi asam lemak esensial, protein, dan serat, tapi juga termasuk makanan rendah karbohidrat& gula. Contohnya adalah biji bunga matahari, kacang tanah, kacang mete, walnut, dan almond. Minyak dari bijian & kacang juga rendah karbo & gula seperti minyak kedelai, minyak kelapa, dan minyak zaitun.

  1. Produk Susu

Beberapa jenis susu mengandung karbohidrat yang tinggi seperti buttermilk, susu, dan yogurt. Tapi beberapa produk susu juga rendah karbohidrat seperti krim asam, krim keju, keju, dan mentega.

Dari pejelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa protein hewani sangat rendah karbohidrat. Kalian juga bisa memilih opsi daging bebek, ayam, sapi, atau ikan. Pastikan memilih daging tanpa lebak agar diet lebih efektif. Begitu juga buah-buahan, kalian juga bisa memakannya untuk diet rendah karbohidrat. Buah-buahan seperti alpukat, kiwi, lemon, buah berry, dan timun sangat bagus untuk diet mengurangi berat badan. Satu lagi, jangan lupakan telur. Semua orang tahu bahwa telur termasuk makanan sehat bergizi. Telur dikenal bagus untuk Kesehatan mata. Yang jelas, karena sangat rendah karbohidrat, telur cocok untuk kalian yang sedang diet.

Untuk minuman, air putih tetap yang paling bagus. Air putih juga termasuk minuman paling efektif untuk menghindari dehidrasi. Dengan makanan rendah karbohidrat di atas dan dipadukan dengan minum air putih yang cukup, kalian bisa menghindari berbagai macam penyakit dan juga menyehatkan badan secara keseluruhan.

By admin