Thu. Dec 2nd, 2021
Mau Raize Anda Tahan Lama? 6 Trik Ini Patut Dicoba

Punya mobil SUV kompak keluaran Toyota seperti Raize, akan menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi, kalau bisa menggunakannya untuk jangka waktu yang lama. Dimana Anda perlu melakukan beberapa trik saat menggunakan mobil tersebut.

Tidak sedikit orang yang mengabaikan efek jangka panjang, dari penggunaan mobil yang salah. Alih-alih bisa mempertahankan kendaraan hingga bertahun-tahun, justru membuatnya jadi mudah rusak. Sebelum itu terjadi pada mobil Anda, lakukanlah trik-trik hebat berikut ini.

6 Trik Jaga Keawetan Toyota Raize

Kalau mau punya mobil yang tahan lama, banyak saran yang diberikan ahli otomotif. Enam diantaranya bisa diterapkan, setelah Anda membawa pulang mobil SUV Toyota yang seri terbarunya rilis awal tahun 2021 kemarin.

  • Panaskan Sesering Mungkin

Untuk memastikan semua komponen kendaraan dalam kondisi tetap prima, disarankan  secara berkala memanaskan mobil. Apalagi, jika dalam waktu lama akan tidak dipakai. Paling tidak, lakukan pemanasan mesin mobil selama 15 meni setiap hari.

Trik ini juga akan membantu menjaga kondisi aki agar tidak cepat soak karena dengan hidupnya mesin, otomatis aki akan bekerja dengan baik memastikan aliran listrik pada mesin sesuai kebutuhan.

  • Rajin Ganti Oli

Jangan malas ganti oli, jika sudah saatnya untuk melakukan penggantian minyak pelumas tersebut lakukan. Untuk kendaraan baru, biasanya penggantian oli pertama dilakukan saat jarak tempuh sudah mencapai 5000 km – 10.000 km hal itu perlu dilakukan.

Kalau diakumulasikan dengan waktu pakai, pada kondisi normal dibutuhkan sekitar enam bulan sampai satu tahun untuk melakukan penggantian oli tersebut.

  • Gunakan Rem Tangan Saat Berhenti

Pentingnya memakai rem tangan saat berhenti, memang sangat dirasakan terutama ketika berada di kawasan menanjak atau berhenti untuk waktu yang lama. Tapi, trik yang lebih baik adalah mengganjal ban bagian belakang dengan kayu. Lakukan selang seling dengan penggunaan rem tangan.

Fungsinya, supaya rem tidak cepat keras dan melekat karena hal itu hanya akan membuat rem cepat rusak.

  • Servis Rutin

Lakukan servis rutin pada mobil Raize kesayangan, fungsinya adalah untuk memastikan kondisi semua komponen. Jangan sampai terjadi kerusakan parah hanya karena malas servis, tentunya akan butuh biaya besar untuk melakukan perbaikan kerusakan tersebut.

Berbeda dengan Anda yang rutin melakukan servis pada kendaraan kesayangan, dimana semua komponen utama akan tetap terjaga tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk penggantian komponen.

  • Jangan Cabut Aki

Kalau ingin meninggalkan mobil dalam waktu lama di garasi, cukup cabut kabel pada bagian aki negatif. Fungsinya, untuk meminimalisir kemungkinan kebocoran aki saat sudah lama tidak dipakai.

Selain itu, juga akan memperkecil kemungkinan mobil sering mogok ketika kembali digunakan nanti.

  • Tanggap Dengan Lampu Indikator Cek Engine

Apakah Anda pernah melihat lampu indikator engine menyala? Ada yang mengatakan kalau itu hal biasa dan bisa diabaikan saja. Padahal, lampu tersebut mengindikasikan adanya masalah pada sistem permesinan. Ada baiknya, ketika lampu tersebut menyala langsung bawa ke bengkel untuk ditindaklanjuti oleh teknisi profesional.

Hindari Hal Ini Saat Menggunakan Toyota Raize

Selain melakukan trik-trik di atas, ada juga beberapa hal yang perlu dihindari ketika mengendarai SUV tersebut. Pertama, jangan pernah menggoyang body kendaraan saat melakukan pengisian bensin.

Hal itu, bisa menjadi pemicu kebakaran pada mesin sebab bensin yang sedang dalam proses pengisian bisa saja merembes ke bagian yang mudah terbakar.

Kedua, jangan mengangkat bagian wiper ke atas saat sedang parkir dimana saja. Langkah tersebut hanya akan membuat wiper jadi cepat kendor, kemudian kemampuannya menghapus rintik hujan akan semakin berkurang. Akan lebih baik, jika membiarkan bagian tersebut di posisi aslinya dan gunakan ketika dibutuhkan saja.

Ketiga, jangan lagi menggunakan air biasa ketika terjadi overheating pada radiator kendaraan. Alasannya, air biasa justru akan membuat kemungkinan radiator berkarat lebih besar.

Mulai sekarang gunakan air jenis coolant yang memang disediakan untuk membantu memaksimalkan kembali isi air radiator dan mencegah kerusakan di bagian tersebut. Biasanya, pada kondisi radiator normal maka coolant hanya perlu diberikan sekali enam bulan saja.

Kalau air radiator itu lebih cepat habis dari kondisi normal, maka akan lebih baik segera ke bengkel karena ada kemungkinan kebocoran sedang terjadi.

Dengan mengetahui trik-trik hebat yang bisa diterapkan, untuk memaksimalkan umur Toyota Raize yang Anda beli. Saatnya untuk menerapkan semua, agar mobil SUV andalan Toyota tersebut bisa menjadi alat transportasi Anda dalam waktu yang lama. Selamat mencoba.

By admin