Thu. Oct 21st, 2021
Syarat Perpanjang STNK Tahunan dan Lima Tahunan

Mengetahui syarat perpanjang STNK menjadi hal yang sangat penting bagi pemilik kendaraan bermotor. Hal ini sangat beralasan karena mereka wajib untuk melakukan perpanjangan STNK baik setahun sekali dan juga lima tahun sekali.

Sebagaimana diketahui, STNK atau Surat Tanda Naik Kendaraan adalah salah satu dokumen yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Dokumen ini juga merupakan bukti legalitas dari kendaraan yang dimiliki. Artinya, tanpa adanya STNK, kendaraan yang dimiliki bisa terkena status ilegal.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa syarat untuk melakukan perpanjangan STNK baik tahunan serta lima tahunan. Tentu, dengan mengetahui syarat yang harus dipenuhi, Anda nantinya tidak perlu bingung.

Syarat Perpanjangan STNK Tahunan

STNK merupakan salah satu instrumen pajak dari pemerintah sehingga harus diperpanjang setiap tahun sebagai bentuk tanggung jawab pembayaran pajak. Nah, untuk melakukan perpanjangan STNK tahunan, ada beberapa syarat yang perlu dipersiapkan sebelumnya, yaitu:

  • KTP asli sesuai dengan nama yang tertera pada STNK yang hendak diperpanjang
  • STNK asli sebagai bukti pemilik kendaraan bermotor
  • Biaya perpanjangan yang sudah ditetapkan sesuai dengan yang tertera di lembar STNK

Beberapa syarat tersebut harus disediakan dengan tepat. Selain itu, nantinya KTP dan juga STNK asli harus di fotokopi terlebih dahulu.

Nah, untuk melakukan perpanjangan STNK, Anda bisa melakukannya di SAMSAT terdekat sesuai dengan alamat di KTP. Adapun langkah untuk melakukan perpanjangan tahunan STNK adalah sebagai berikut:

  • Mengisi formulir perpanjangan STNK yang sudah disediakan oleh pihak kepolisian. Dalam hal ini, formulir harus diisi dengan detail dan lengkap sesuai dengan data yang dimiliki
  • Memasukkan formulir yang sudah diisi ke loket yang tersedia bersamaan dengan persyaratan yang diperlukan. Pihak kepolisian nantinya akan memproses dokumen yang diserahkan tersebut dan akan memanggil Anda jika sudah selesai
  • Ambil lembaran pembayaran yang diberikan oleh pihak kepolisian dan lakukan pembayaran di bank yang sudah disediakan di kantor polisi atau SAMSAT tersebut
  • Serahkan lembar bukti pembayaran ke petugas dan tunggu petugas menyiapkan STNK baru yang sudah disahkan sebelumnya
  • Jika persyaratan sudah selesai dan pembayaran sudah lunas, maka STNK baru bisa segera diterima. Petugas akan memberikan STNK baru yang sudah dilengkapi dengan pengeluaran SKPD
  • Selesai

Nah, dari beberapa poin di atas bisa dilihat bahwa pengurusan perpanjangan STNK tahunan bisa dilakukan dengan sangat mudah serta cepat. Lantas, bagaimana dengan perpanjangan STNK lima tahunan?

Secara umum, syarat dan cara yang perlu dilakukan cukup mirip. Hanya saja, untuk perpanjangan lima tahunan, Anda harus membawa BPKB kendaraan yang dimiliki serta melakukan pengecekan fisik kendaraan terlebih dahulu.

Demikian beberapa ulasan terkait syarat perpanjang STNK yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

By admin